Oleh: Jaka Samudra | 6 November 2008

Pengumuman Seleksi CPNS dijadwalkan 12 November 2008

SERANG – Setelah tertunda, pengumuman seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Banten dipastikan akan dilaksanakan pada 12 November mendatang.

Keputusan ini setelah seluruh jajaran pimpinan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) kabupaten/kota se-Banten menggelar rapat kordinasi bersama BKD Provinsi Banten, Rabu (5/11). “Salah satu hasilnya adalah pengumuman seleksi akan dilaksanakan pekan depan, tepatnya Rabu (12/11),” jelas Kepala BKD Kota Serang Akhmad Benbela, usai rapat koordinasi.

Penetapan pengumuman seleksi ini merupakan yang ketiga kalinya. Semula jadwal pengumuman akan dilakukan pada 8 Oktober namun ditunda menjadi 24 Oktober. Pada 24 Oktober, pengumuman juga ditunda lantaran adanya penambahan kuota CPNS untuk Pemprov Banten dan belum ditandatanganinya seluruh formasi CPNS oleh Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara (Menpan).

Dikatakan Benbela, saat ini hanya tinggal formasi untuk Kota Cilegon yang belum ditandatangani Menpan. Untuk itu, kata dia, dalam rapat kordinasi juga disepakati seluruh BKD kabupaten/kota akan membantu Kota Cilegon agar bisa segera mendapatkan pengesahan. “Besok (hari ini-red) BKD kabupaten/kota dan provinsi akan ke Menpan untuk membantu Kota Cilegon agar segera mendapat pengesahan,” ujarnya.

Dengan adanya perubahan jadwal pengumuman ini, maka jadwal pelaksanaan seleksi juga akan diubah dari semula pada 23 November menjadi 30 November. “Jadwal pelaksanaan seleksi otomatis ikut berubah,” jelasnya.

Benbela mengatakan, untuk pengadaan soal sudah ditetapkan akan dilakukan oleh Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung. Penunjukkan perguruan tinggi ini berdasarkan nota kesepakatan. Sementara untuk percetakan soal, kata Benbela, hingga kini masih dalam proses tender. “Proses tendernya masih berjalan. Jadi kita belum menetukan perusahaan yang akan mencetaknya,” ujarnya.

Diploma Dua Boleh Lamar CPNS

Untuk Pandeglang, pelamar dibolehkan menggunakan ijazah diploma dua (D2).

Kepala BKD Pandeglang Sukendar mengatakan, pengumuman akan dilakukan serentak se-Banten tanggal 12 November 2008. “Nanti pengumuman tentang teknis dan syaratnya akan dilakukan secera terbuka di media massa. Tetapi kami juga minta agar masyarakat tetap sabar dan memaklumi kondisi saat ini. Apalagi setelah beberapa kali pengumuman CPNS mundur,” terang Sukendar, Kamis (6/11).

Senada dikatakan Kabag TU BKD Pandeglang Agus Sumardani. Dirinya setelah mengikuti rapat dengan BKD se-Banten diperoleh kepastian bahwa pengumuman CPNS dan tes dilaksanakan serentak. “Bahkan Menpan menyetujui bila lulusan D2 bisa melamar CPNS, meski sebelumnya diperoleh informasi minimal D3,” terang Agus.

Dijelaskan, teknis pengiriman lamaran melalui kantor pos dengan menyertakan sejumlah persyaratan antara lain foto kopi KTP, dan pas foto. Sementara Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dan kartu pencari kerja (kartu kuning) itu tidak menjadi syarat. “Yang boleh melamar siapa saja dan dari mana saja, yang penting warga negara Indonesia (WNI). Sedangkan untuk SKCK dan kartu kuning akan diminta setelah diterima jadi CPNS,” ujarnya.

Ketua LSM Komite Partisipasi dan Transparansi (Kompast) Pandeglang Novan Hidayat mengatakan, dengan adanya kepastian pengumuman CPNS itu, bisa mengobati hati masyarakat yang selama ini menanti kepastian. “Kami berharap pelaksanaan rekrutmen ini berjalan dengan terbuka, jujur, dan akuntabel, sehingga hasilnya juga bagus,” paparnya.

Sumber : www.radarbanten.com


Responses

  1. maaf mau tanya kalau cpns tangerang tanggal berapa?

  2. Respon baik ditanggapi oleh smua masyarakat. Tp yg menjadi prtanyaan, apakah pengangkatan utk tahun ini ada unsur KKN sprti yg sudah2. Dan kami berharap utk SLTA/sejenisnya yg sdh mengabdi puluhan tahun diinstnsi pemerintahan ada kepastian utk diangkat menjadi PNS? Trmksh

  3. B’harap banget nih semoga aja ada quota yg buat S1 Kimia…

  4. cuma pengen tanya kira-kira kapan penerimaan cpns kabupaten tangerang ya….??? soalnya saya pengen cepet daftar neh, mudah-mudahan bisa diterima cpns tahun ini….!!!!

  5. pengen tanya apa bener cpns tangerang ujiannya tgl 30 november, saya ko belum dapat kartu sampai sekarang. thank you

  6. Inormasi terakhir yang kami terima seperti itu jadwalnya, mudah-mudahan gak ada gangguan saat pencetakan soal.
    Sebaiknya anda cek langsung ke Pos Giro terdekat, mungkin balasan dari Panitia Pengadaan CPNS ada disana dan belum terkirim


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: